Bisnis sepak bola semakin bernilai menggiurkan akhir-akhir ini. Hampir
semua pernik yang berhubungan dengan sebuah klub bisa dijadikan tambang
uang, apalagi seragam yang dikenakan para pemain saat bertanding di lapangan. Majalah Forbes merilis daftar klub yang memiliki nilai sponsor kostum tertinggi di dunia.
1. Manchester United - Chevrolet
Klub
ternama Inggris Manchester United memimpin daftar setelah pada Juli
2012 perusahaan otomotif Amerika Serikat, General Motors, membayar $559
juta (Rp 5,4 triliun) untuk 7 tahun - sekitar $80 juta (Rp 777 miliar)
per tahun - agar salah satu brand mereka, Chevrolet, bisa tampil di
bagian dada seragam para pemain Setan Merah mulai musim 2014-15. Sebelum nama mereka terpampang di dada seragam para pemain United mulai musim 2014-15, saat ini Chevrolet adalah kendaraan resmi klub Inggris tersebut.
2. Barcelona - Qatar Airways
Klub
besar dari Spanyol, Barcelona, pun rupanya tidak kebal dari godaan
fulus di sepak bola. Setelah 113 tahun bersikukuh untuk tidak
menempelkan logo sponsor di seragam tim mereka, Barca mengumumkan pada Maret 2013 bahwa mulai musim depan akan ada logo perusahaan penerbangan Qatar Airways di seragam
mereka. Untuk itu mematahkan tradisi Barcelona itu Qatar Airways
membawar $38 juta (Rp 369 miliar) per tahun selama lima tahun mulai
musim 2013-2014.
3. Bayern Munich - Deutsche Telekom
Juara Bundesliga Jerman Bayern Munich pada 2009 menandatangani kontrak sponsor seragam
dengan perusahaan telekomunikasi lokal, Deutsche Telekom, yang bernilai
$37 juta (Rp 359 miliar) per tahun. Kontrak tersebut akan berakhir pada
akhir musim ini.
4. Liverpool, Standard Chartered Bank
Liverpool,
klub Inggris berjuluk the Reds, mendapatkan $33 juta (Rp 320 miliar)
per tahun dari Standard Chartered Bank sejak 2009. Kontrak mereka akan
berakhir pada 2014 dan dikabarkan kedua pihak tengah melakukan negosiasi
untuk melanjutkan kerjasama - dengan nilai yang lebih besar tentunya.
5. Real Madrid - Bwin
Sejak 2007 hingga musim ini perusahaan judi online Eropa, Bwin, telah menjadi sponsor seragam
Real Madrid dengan nilai $29 juta (Rp282 miliar) per tahun. Akan tetapi
media Spanyol mengabarkan bahwa Les Merengues telah menyutujui kontrak
empat tahun dengan perusahaan penerbangan dari UAE, Fly Emirates, dengan
nilai diperkirakan mencapai 26 juta euro (Rp 328 miliar) per tahun,
mulai musim depan.
6. Chelsea - Samsung
Perusahaan
elektronik dari Korea Selatan, Samsung, telah mensponsori Chelsea sejak
2005 dengan nilai kontrak $28,6 juta (Rp 278 miliar) per tahun. Kontrak
mereka akan berakhir pada musim 2014-15.
7. Manchester City - Etihad
Manchester
City tidak masuk dalam daftar Forbes walau memiliki kontrak 10 tahun
yang bernilai $640 juta (Rp 6,2 triliun) dengan Etihad, perusahaan
penerbangan milik pemerintah Uni Emirat Arab, sejak 2011. Forbes
menjelaskan bahwa kontrak dengan Etihad itu satu paket dengan penamaan
stadion mereka di Manchester dan klub tidak pernah mengumumkan kepada
khalayak nilai masing-masing kontrak.
8. Arsenal - Emirates
Sama seperti City, klub Inggris lainnya Arsenal juga memiliki kontrak penamaan stadion dan seragam
dengan Emirates bernilai $240 juta (Rp 2,3 triliun) untuk lima tahun
sejak 2012, yang merupakan perpanjangan dari kontrak lama yang
ditandatangani pada 2006
Join Facebook
Judul : SPONSOR BAJU SEPAK BOLA PALING MAHAL
Deskripsi : Artikel ini menginformasikan tentang SPONSOR BAJU SEPAK BOLA PALING MAHAL secara lengkap dan detail.